11 Tips Persiapan Mudik Menggunakan Mobil Agar Tetap Aman dan Hemat

Jakarta – Mudik Lebaran sudah jadi normalitas bogorklik yang tidak sanggup dipisahkan dari Tanah Air. Tiap tahunnya masyarakat yang bekerja di kota-kota besar kudu melewati jarak ratusan kilometer untuk pulang ke kampung halaman demi merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Tidak sedikit pemudik yang menentukan transportasi teristimewa untuk lagi ke tempat asalnya. Namun, untuk mudik th. ini pemerintah sudah menghimbau untuk tidak memakai sepeda motor.

Oleh sebab itu, kemungkinan lebih dari satu pemudik bakal segera beralih ke mobil. Sayangnya, seperti yang sudah kita ketahui, musim mudik tidak bakal lepas dari yang namanya macet.

Mungkin kecuali memakai motor tetap sanggup selip sana-sini, tetapi pengendara mobil tidak sanggup melaksanakan hal tersebut. Kondisi jalan yang macet sanggup terlalu menguras banyak waktu, dan tenaga.

Maka dari itu, penting untuk menyadari cara persiapan mudik Lebaran bersama mobil pribadi. Kira-kira apa saja yang kudu dipersiapkan?

Dilansir dari Daihatsu, tersebut lebih dari satu tips mudik bersama mobil teristimewa bersama irit dan aman:

1. Siapkan keadaan fisik agar tetap prima

Hal pertama yang kudu disiapkan adalah keadaan fisik. Pasalnya keadaan fisik yang tidak prima, sanggup mengganggu konsentrasi pengendara.

Oleh sebab itu, pastikan untuk beristirahat bersama lumayan serta mengonsumsi vitamin dan makanan bergizi sebelum saat mengendarai mobil.

Jika merasa kurang sedap badan, lebih baik mengundur selagi mudik agar tidak berlangsung hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Pastikan keadaan mobil juga prima

Tidak hanya keadaan fisik saja yang kudu prima, mobil yang bakal dikendarai pun juga penting. Alangkah baiknya melaksanakan kontrol dan perawatan mobil secara keseluruhan sebelum saat mudik.

Hal tersebut dibutuhkan agar performa mesin prima, dan mengurangi risiko berlangsung kecelakaan.

3. Bijak di dalam membawa barang bawaan dan penumpang

Selain keadaan fisik dan mobil, bijak di dalam membawa barang apa saja yang kudu dibawa juga terlalu penting. Selain itu, kuantitas penumpang pun juga kudu dibatasi cocok kapasitas.

Pastikan mobil tidak mengangkut penumpang dan barang bawaan melebihi kapasitas maksimal yang sudah ditentukan oleh pabrikan.

4. Membawa duit tunai

Meski zaman sekarang serba digital, alangkah baiknya tetap membawa duit tunai. Pasalnya, tidak seluruh tempat mempunyai pembayaran secara digital, contohnya kala parkir umum, pergi ke WC umum, ataupun kuliner di warung.

5. Menjaga energi baterai dan mempersiapkan kuota internet

Menggunakan peta digital sanggup memudahkan pemudik di dalam mencari rute perjalanan. Oleh sebab itu, melindungi energi baterai terlalu dibutuhkan agar ponsel tidak mati tiba-tiba.

Untuk menyiasati keadaan tersebut, pemudik sanggup mempersiapkan power bank sebagai pengisi energi darurat. Selain itu, kuota internet juga kudu diisi penuh.

 

6. Menyiapkan bekal
Membawa bekal makanan dan minuman sanggup menghemat ongkos pengeluaran. Umumnya, makanan dan minuman yang dijual di rest tempat mempunyai harga yang lebih mahal.

Selain itu, mempersiapkan bekal sanggup mencegah rasa lapar dan dehidrasi kala menyetir mobil bersama jarak jauh.

7. Mempelajari rute

Meskipun sudah tersedia map digital, pemudik juga kudu mempelajari rute tujuan perjalanan. Hal ini penting, agar perjalanan lancar dan tidak terlilit macet.

Atau keliru Info pada ketentuan ganjil genap. Selain itu, pengemudi juga tidak kudu terlalu sering menyaksikan peta digital agar sanggup lebih fokus ke jalanan.

8. Menyiapkan anggaran

Menyiapkan anggaran mudik jauh-jauh hari terlalu dibutuhkan bahkan kecuali membawa mobil pribadi. Umumnya ongkos untuk mudik bersama mobil teristimewa bakal lebih besar, sebab kudu persiapan keadaan fisik, mobil, bekal, dan tempat penginapan jika perjalanannya terlalu jauh.

9. Memastikan keadaan bahan bakar tetap penuh

Persiapan mudik bersama mobil teristimewa berikutnya yaitu, pastikan tangki mobil Anda terisi penuh. Kondisi tersebut bermanfaat untuk mengantisipasi kehabisan bahan bakar kala melaksanakan perjalanan yang lumayan jauh dan macet.

10. Menyiapkan tempat penginapan

Ketika perjalanan mudik jauh, mempersiapkan tempat penginapan untuk beristirahat bakal terlalu krusial. Hal ini juga sanggup hindari pemudik dari tindak kejahatan pencurian barang di jalanan kota ataupun rest area.

11. Membawa seluruh perlengkapan anak

Jika mudik bersama si kecil, membawa seluruh perlengkapan anak seperti diapers, tissue, botol minuman, makanan, mainan dan sebagainya terlalu kudu dilakukan. Jangan sampai perjalanan jadi terganggu sebab kudu mengurus sang buah hati.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *