Rekomendasi Gunung Di Jawa Barat Untuk Pendaki

Gunung-gunung di jawa barat menyajikan panorama yang mampu memikat mata dan hati para pendakinya. Mulai dari pendaki pemula hingga yang sudah berpengalaman. Nah bagi Anda yang masih pemula, berikut ini daftar gunung yang ramah bagi para pendaki pemula. Dari muali gunung yang ketinggian nya 1000mdpl sampai lebih dari 3000 mdpl pun bisa kalian kunjungi di daerah jawa barat.

Tanah Pasundan dianugerahi begitu banyak keindahan alam oleh Yang Maha Kuasa. Dilewati gunung berapi aktif maupun tidak aktif membawa keberkahan saat bermain slot gacor terbaru tersendiri bagi warga Jawa Barat. Tidak hanya tanahnya yang subur, karena faktor tanah yang tropis dan lembab. Tetapi juga keindahan dan kontur alam yang disuguhkan akibat dari dampak letusan gunung berapi. Karena indonesia terletak pada pulau tropis.

Kamu bisa merasakan esensi petualangan dengan menyusuri jalan setapak di tengah hutan hujan tropis. Liburanmu akan semakin menyenangkan sekaligus menantang.Banyak yang berpikir mendaki gunung adalah aktifitas berat. Namun janga khawatir, terdapat juga gunung yang cukup mudah untuk didaki. Kalian bisa mengajak keluarga, pacar, teman atau pun orang yang kalian sayangi untuk mencoba mendaki gunung.

Terdapat beberapa pilihan gunung dengan rute pendakian mudah yang bisa kamu coba untuk merasakan sensasi pendakian. alangkah baiknya pilihlah rute pendakian yang mudah bila kamu adalah seorang pendaki pemula.

Jawa Barat memang memiliki banyak gunung indah untuk didaki. Para pendaki biasanya sangat tertantang mendaki gunung-gunung yang tinggi.

1.Gunung Cikuray

Gunung yang terletak di Kabupaten Garut ini memiliki ketinggian 2.818 Mdpl. Untuk mencapai gunung ini dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Walaupun jaraknya tidak terlalu jauh dari kota-kota besar, tetapi terbatasnya transportasi yang bisa mengantarkan ke titik pendakian membuat biaya menjadi membengkak.

2.Gunung Pangrango dan Gunung Gede

Dengan ketinggian 3.019 Mdpl, Gunung Pangrango menjadi gunung tertinggi kedua di Jawa Barat. Terletak persis bersebelahan dengan Gunung Gede (2958 Mdpl) dan masih berada dalam satu kawasan Taman Nasioanal Gede Pangrango. Berada di 3 wilayah, Kabupaten Cianjur, Bogor, dan Sukabumi membuat gunung ini menjadi favorit para penikmat dan pecinta alam. Selain itu juga jaraknya cukup berdekatan dengan Ibu Kota Jakarta.

3.Gunung Putri, Lembang (1587 mdpl)

Gunung Putri terletak di Lembang Kabupaten Bandung Barat dengan ketinggian 1587 Mdpl. Gunung ini memiliki jalur pendakian yang sangat mudah, hanya 30 menit kamu sudah sampai ke puncaknya.Biasanya, para pendaki menyempatkan untuk menikmati sunrise. Terdapat tugu, dan instalasi bintang yang menyala di malam hari.

Ada dua jalur untuk bisa sampai ke puncak. Pertama, dari Pasar Lembang kamu bisa ambil arah ke Tangkuban Perahu, kemudian melewati Masjid Agung Lembang, tidak jauh dari sana terdapat gang Wimun dimana plang arah menuju Gunung Putri akan terlihat. Dari gang tersebut, kamu tinggal mengikuti jalan kurang lebih 15 – 20 menit sampai akhirnya bertemu dengan gerbang kawasan Gunung Putri.

4. Gunung Burangrang (2.064 mdpl)

Bila kamu menginginkan sensasi petualangan dengan jarak tempuh waktu hanya beberapa jam. Maka Gunung Burangrang tempatnya.

Meskipun gunung ini tidak sepopuler Gunung Gede Pangrango atau Gunung Salak, Gunung Burangrang dengan ketinggian 2.064 meter di atas permukaan laut (mdpl) bisa dijadikan latihan bagi pendaki pemula untuk mendaki gunung yang lebih tinggi.
Gunung Burangrang secara administratif terletak di daerah Cisarua, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, berbatasan dengan kabupaten Purwakarta dan Subang. Jarak tempuh perjalanan dari basecamp (tempat perizinan dan parkir kendaraan) menuju puncak hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam berjalan kaki menyusuri jalan setapak.

Medan yang tidak terlalu terjal dan rimbanya hutan menjadi sensasi tersendiri bagi kamu yang ingin mencoba mendaki gunung.

5. Gunung Guntur (2.249 mdpl)

Terkenal dengan dua kaldera dan sabananya yang memesona, Gunung Guntur menjadi salah satu tujuan pendakian favorit di Jawa Barat.

Terletak di Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Gunung ini sering disebut Semeru mini karena trek pasirnya yang mirip trek Arcopodo-Mahameru.
Minimnya vegetasi dan kemiringan trek yang curam membuat kamu harus memiliki stamina yang prima untuk mendaki Gunung Guntur.

Gunung Guntur sudah memasuki level pemula menengah ke atas, sebaiknya kamu mendaki dengan orang yang sudah berpengalaman.

 

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.