Objek Wisata di Gunung Bromo

  • Home
  • Objek Wisata di Gunung Bromo

Objek Wisata di Gunung Bromo

  • June 10, 2020
  • By Admin: Ryan
  • Comments: 00

Ingin liburan ke Bromo tapi bingung mau ngapain? Nah, kamu sedang membaca artikel yang tepat!

Siapa yang tidak mengenal Gunung Bromo? Gunung ini merupakan salah satu gunung yang memiliki pesona Wisata Indonesia dan menjadi destinasi pilihan bagi mereka yang ingin melihat keindahan gunung ini. Gunung Bromo teletak di 4 kabupaten, yaitu Malang, Lumajang, Pasuruan, dan Probolinggo.

Kecantikan yang Bromo miliki membuat lokasi ini tidak pernah sepi pengunjung. Tapi sebenarnya selain melihat keindahannya, kamu bisa ngapain lagi si di sana? Berikut beberapa hal asik yang bisa kamu lakukan di Bromo.

Kegiatan Asik di Bromo

1.Mendaki Gunung

Terdapat 2 titik penanjakan populer di Bromo, yaitu penanjakan 1 dan penanjakan 2. Pada penanjakan 1, lokasi ini merupakan yang terbaik untuk kamu yang ingin melihat matahari terbit. Di tempat ini kamu dapat menyaksikan kecantikan matahari terbit pada pagi buta dengan kendahan lembah yang masih tertutup oleh kabut. Untuk mencapai titik ini, kamu dapat menggunakan kendaraan seperti Jeep dan sepeda motor.

Lalu pada penanjakan 2, ada penanjakan 2 yang tak kalah bagus sebagai tempat menyaksikan matahari terbit. Meski lokasinya tidak setinggi tanjakan 1, namun untuk mencapai titik ini lebih mudah jika dibandingkan dengan penanjakan 1. Untuk bisa ke penanjakan 2, kamu dapat mengaksesnya melalui kabupaten probolinggo. Dijamin, meski menjadi alternatif kedua, tapi tempat ini tak kalah menawan dengan yang ada pada penanjakan 1.

2.Melihat Keindahan Kawah

Selain melihat keindahan matahari terbit, di Gunung Bromo teradapat keindahan lain yang sayang untk dilewatkan. Yaitu keindahan dari kawah Gunung Bromo. Di tempat ini kamu akan dimanjakan dengan kecantikan kawah  Bromo yang sangat mempesona. Kamu dapat melihatnya dari jarak dekat, namun harus rela untuk berjalan sejauh 2 km dari kawasan parkir.

Selain itu juga terdapat ratusan anak tangga untuk bisa mencapai tempat ini. Jika kamu merasa terlalu melelahkan, kamu bisa menyewa jasa kuda untuk mencapai kawah tersebut.

3.Pasir Berbisik & Pura Luhur Poten

Sebelum mencapai Gunung Bromo, kamu akan disambut dengan hamparan pasir yang cukup luas. Hamparan ini diberi nama Pasir berbisik. Di area ini kamu dapat mencari titik foto terbaik dan menikmati kegiatan lain. Seperti mengendarai motor tril, menunggangi kuda, dan masih banyak kegiatan lain.

Selain itu ada salah satu tempat terbaik yang bisa di datangi di area hamparan pasir, yaitu Pura Luhur Poten. Pura ini merupakan tempat beribadah warga sekitar bagi yang memeluk agama Hindu. Jadi jangan heran saat terdapat perayaan Nyepi, kawasan ini akan selalu ramai dengan kunjungan warga lokal yang hendak beribadah di pura ini.

4.3 Bukit Dekat Bromo

Di Bromo terdapat 3 bukit yang tak luput untuk menjadi objek wisata, yaitu Bukit Kingkong, Bukit Cinta, dan Bukit Teletabis Bromo. Bukit Kingkong merupakan tempat yang juga dijadikan sebagai tempat untuk dapat melihat kecantikan sunrise di Bromo. Meski menjadi tempat alternatif untuk melihat sunrise, wisatawan tetap menganggap keindahan di Bukit Kingkong  tak kalah indahnya.

Kedua ada Bukit Cinta, tempat dimana kamu dapat melihat sunrise sekaligus melihat deretan bukit lain yang mengelilinginya. Selain itu pada pagi hari dapat juga dilihat lembah yang masih tertutup kabut.

Ketiga ada Bukit Teletabis Bromo, mungkin bagi pecinta fotografi, tempat ini sudah sangat tidak asing lagi. Bahkan tempat ini menjadi salah satu objek wisata favorit untuk kalangan wisatawan. Selain dapat menikmati kecantikan gunung Bromo dengan deretan bukit hijaunya, kamu dapat melihat rerumputan cantik yang tampak rapi.

5. Desa Ngedas dan Desa Ngadisari

Setelah menyaksikan keindahan gunung, tak salah mampir ke desa yang ada di sekita Bromo. Terdapat desa Ngedas dan Ngadisari. Di sini kamu dapat melihat kebiasaan kebiasaan warga asli suku Tengger yang masih sangat kuat degan lekat dengan tradisinya. Selain itu mereka juga ramah dan bahkan kita dapat langsung berbaur dengan mereka. Seru bukan?

Leave Comments