5 Negara dengan Gunung Terbanyak, Indonesia Sudah Pasti Masuk Daftar

5 Negara dengan Gunung Terbanyak, Indonesia Sudah Pasti Masuk Daftar

JAKARTA – Gunung merupakan salah satu objek wisata yang kerap dikunjungi orang, terutama bagi mereka yang suka hiking. Gunung memberikan kita pemandangan indah yang memanjakan mata dan udara sejuk yang memanjakan paru-paru. Seperti diketahui, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah gunung terbanyak, baik yang masih aktif maupun yang sudah tidak aktif.

5 Negara dengan Gunung Terbanyak, Indonesia Sudah Pasti Masuk Daftar

Tapi ternyata bukan Indonesia yang menduduki peringkat teratas sebagai negara dengan jumlah gunung terbanyak. Berikut ini adalah beberapa negara yang memiliki banyak gunung.
1. Amerika Serikat

Amerika memiliki gunung terbanyak di dunia. Tercatat gunung berapinya mencapai 173 gunung dan tersebar di berbagai wilayah, termasuk Alaska dan Hawaii. Bahkan hingga sekarang, gunung tersebut masih sering mengalami erupsi.

BACA JUGA: 9 Fakta Gunung Berapi, Ternyata Juga Ada di Planet Mars

2. Rusia

Rusia memiliki jumlah gunung berapi sebanyak 166 gunung di banyak tempat, tepatnya di Semenanjung Kamchatka. Wilayah timur Rusia itu menyimpan 29 gunung yang masih aktif. Selain itu, ada pula 20 gunung non-aktif yang bisa didaki di Rusia, salah satunya adalah Gunung Elbrus yang menjadi gunung tertinggi di Eropa.

3. Indonesia

Indonesia memiliki 139 gunung berapi termasuk Gunung Merapi dan Gunung Kelud yang masih aktif hingga sekarang dan sering mengalami erupsi. Selain di Pulau Jawa, gunung non-aktif di Indonesia juga ada di wilayah Sulawesi, Kalimantan, dan Papua.
Di Indonesia, gunungnya sendiri terbagi menjadi tiga tipe, yakni tipe A, B, dan C. Tipe A memiliki catatan meletus sejak tahun 1600 dan berjumlah 76 gunung. Tipe B memiliki catatan letusan sebelum tahun 1600 dan berjumlah 30 buah. Sementara Tipe C adalah tipe yang tidak punya catatan letusan dan berjumlah 21 gunung.

4. Jepang

Total gunung berapi di Jepang sekira 440 gunung, dan 112 di antaranya masih berstatus gunung aktif. Di negara ini, erupsi dan bencana gunung meletus sudah menjadi hal yang biasa. Meskipun begitu, wisatawan lokal dan mancanegara masih dapat mengunjungi gunung di saat-saat tertentu. Pemerintah Jepang membuat semacam sistem di mana para warga diberi peringatan bila mendekati saat-saat gunung akan meletus.

5. Islandia

Wilayah Nordik Islandia terletak di barat laut Eropa, dengan luas berkisar 103.592 km. Meskipun tidak seluas negara Eropa lain, Islandia termasuk memiliki jumlah gunung terbanyak di dunia. Tercatat jumlah gunung berapinya mencapai 130 gunung api, 18 di antaranya telah meletus sejak 871 dan beberapa sudah non-aktif sejak 10.000 tahun lamanya.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.